Selasa, 11 Desember 2007

Saatnya jadi entrepreneur!

Menurut prediksi para ahli, pada tahun 2020 mendatang, yang akan menguasai negeri ini adalah para entrepreneur (wirausahawan) muda. Pada saat awal Indonesia merdeka, negeri ini dikuasai oleh para intelektual muda, kemudian semasa orde baru dikuasai para militer, dan hingga kini yang memegang puncak jabatan di negeri ini adalah para aktifis. Kalau nantinya yang akan berkuasa adalah entrepreneur, mengapa harus sekolah tinggi-tinggi? Bukankah cukup dapat menghitung? Karena sesungguhnya perubahan masa ini adalah sebuah akumulasi dari masa-masa sebelumnya. Untuk menjadi entrepreneur, diperlukan kecerdasan, kreatifitas, dan inovasi seperti intelektual. Diperlukan pula kedisiplinan yang tinggi seperti militer. Dan juga kemampuan mambangun relasi serta manajemen seperti aktifis. Jadi tidak ada alasan untuk meninggalkan sekolah untuk menjadi seorang entrepreneur.
Tetapi, tidak ada alasan juga untuk tidak menjadi entrepreneur saat masih sekolah. Banyak para mahasiswa yang memulai usaha saat tahun ke-2, entah karena desakan ekonomi atau karena keinginan menjadi pengusaha. Tetapi tidak sedikit di antara mereka yang sukses dan kini memiliki gerai di tingkat nasional.
Bagaimana kalau tidak ada modal? Buat saja konsep yang matang dan dituangkan dalam proposal yang sistematis dan meyakinkan. Kemudian cari investor, jadi kita menjadi menejer.
Yang terpenting adalah ide. Bagaimana mencari sebuah inovasi yang layak jual. PURPLE COW (sapi ungu) adalah analoginya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda